Cara Memancing Ikan Sepan Dengan Benar

Cara Memancing Ikan Sepan Dengan Benar

Cara Memancing Ikan Sepan Dengan Benar

Cara Memancing Ikan Sepan Dengan Benar – Sepat merupakan ikan yang hidupnya bergerombol, tempat yang sempurna buat mancing sepat merupakan yang keadaan airnya tenang serta pastinya tidak berarus.

Makanya danau, waduk, rawa, kolam sisa galian pasir merupakan tempat yang sangat sempurna buat mencari sepat. Tetapi bukan berarti di tempat yang berarus sepat tidak dapat dipancing, pastinya hendak lebih susah memancing sepat di tempat yang berarus( perihal ini dapat dijadikan tantangan).

Keuntungan dalam memancing sepat merupakan watak dari ikan ini yang secara periodic mengambil oksigen langsung dari hawa. Kerutinan sepat yang satu ini mempermudah kita mencari tempat dimana sepat bergerombol.

Identitas tempat dimana sepat bergerombol merupakan spot dimana sepat tidak henti- hentinya mengambil hawa sepintas hendak nampak semacam“ boiling”.

Umumnya sepat berkumpul di dekat tumbuhan air semacam kangkung, eceng gondok serta sejenisnya. Sebab tidak hanya tempat makan, tumbuhan tersebut pula dijadikan tempat buat menaruh telur mereka dikala tumbuh biak.

Sesampainya di posisi mancing, sempatkan waktu berkelana mencari tempat dimana sepatnya keliatan banyak. Jangan terburu- buru, santai saja menikmati panorama alam dekat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari memancing sepat. So santai saja serta nikmati tiap tahapnya…

Joran

Pada dasarnya tiap tipe joran dapat digunakan buat memancing sepat, tetapi demikian buat merasakan sensasi strike sepat pastinya kita wajib membiasakan dengan dimensi sepat yang hendak kita pancing. Berhubung monster sepat cuma berdimensi optimal 3 jari, rasanya sangat cocok jika kita memakai joran dengan kelas luar biasa light tackle.

Joran yang direkomendasikan merupakan tegek mini( mini pole rod) buat mencari sepat. Joran ini dapat kita temukan di tiap toko pancing, biayanya juga lumayan murah serta terjangkau. Tidak hanya sederhana sebab dapat dilipat tegek pula memiliki kelebihan lain.

Ialah kita tidak memerlukan kelosan/ gulungan ataupun ril penggulung. Lumayan ikat benang diujung tegek sejauh tegek tersebut serta langsung dapat digunakan.

Sebab sepat biasa berkumpul di pinggir kita tidak memerlukan tegek yang sangat panjang. Dimensi 2 m dialami sangat pas buat mencari sepat. Kian kecil diameter tegek yang digunakan hingga sensasi tarikan sepat hendak lebih terasa. Upayakan joran ataupun tegek yang digunakan tidak sangat lentur sebab terus menjadi lentur hendak terus menjadi susah untuk kita buat mengkonversi strike jadi hook- up.

Bila kamu memanglah suka dengan tantangan lebih, dapat pula kita memakai joran luar biasa lentur buatan kita sendiri dari bahan fiberglass.

Umumnya di toko- toko pancing kita dapat menciptakan fiber yang telah sangat lentur buat bahan pembuatan joran sepat ini. Apabila kamu merasa blank fiber yang kamu beli kurang lentur kamu dapat mengamplasnya sehingga menggapai kelenturan yang di idamkan.

Line

Semaki kecil diameter benang( line) yang kita pakai terus menjadi baik hasil yang hendak kita capai. Sebab memakai benang diameter besar hendak membuat sepat khawatir serta ragu- ragu buat menyambar umpan.

Terlebih berat seekor sepat rata- rata tidak lebih dari 20gr, pastinya kita tidak memerlukan benang dengan kekuatan besar. Benang dengan kekuatan 1 pounds( pound) ataupun sama dengan 0. 5kg lebih dari lumayan buat mencari sepat.

Tetapi demikian upayakan mencari benang yang mempunyai diameter kecil dengan“ bondage” yang besar, dapat jadi sat kita mancing sepat ikan lain dengan dimensi lebih besar menyambar umpan kita. Pastinya peluang ini tidak mau kita percuma kan bukan? Anggap saja bagaikan bonus. Intinya sedia paying saat sebelum hujan.

Apabila di spot tempat kamu mancing sepat ada ikan tipe lain yang berdimensi lebih besar dari sepat gunakanlah benang dengan diameter optimal 0. 13 milimeter yang umumnya mempunyai kekuatan hingga dengan 3 pounds( 1. 5kg). Dimensi 0. 13 milimeter dialami belum menakuti sepat sehingga sepat masih ingin makan umpan kita.

Kail

Sebab mulut sepat populer sangat kecil jelas kita memerlukan mata kail yang luar biasa kecil pula. Untuk wilayah yang terbiasa dengan ngabenteur ataupun waderan( jawa) rasanya tidak hendak susah buat mencari mata kali yang luar biasa mini ini.

Tetapi jangan kurang ingat jika benteur/ wader masih dapat dipancing dengan mata kail hingga dengan dimensi 1 kecil, hingga sepat optimal dimensi kailnya merupakan 0. 5 kecil.

Syukur- syukur jika kamu dapat memperoleh dimensi 0. 1. Sayang tidak seluruh merek menghasilkan dimensi ini, kalaupun terdapat spesialnya mata kail impor, para importer tidak sering yang ingin datangkan sebab memanglah tidak sering sekali pembelinya.

Kelemahan kail dimensi 0. 1 merupakan kerap sekali terisap hingga kerongkongan sepat, sehingga kita hendak sedikit kesusahan menghasilkan kail dari mulut ikan. Dimensi rekomended buat mancing sepat merupakan 0. 3 kecil ataupun 0. 5, memanglah tingkatan keberhasilan hook up tidak setinggi kala kita memakai dimensi 0. 1 tetapi kala hook up kita pula tidak hendak terbuat repot.

Pelampung

Pelampung berupa duri merupakan pelampung yang pas buat mancing sepat, wujudnya yang lonjong membuat pelampung ini sangat sensitif dikala umpan ikan menyambar umpan.

Gunakanlah pelampung duri dengan panjang optimal 5cm. Pengunaan pelampung lain sesungguhnya dapat saja, sepanjang tidak sangat besar serta sanggup menahan beban timah kail serta umpan. Tetapi pelampung duri teruji yang terbaik.

Timah Daun

Gunakanlah timah lembaran ataupun biasa diucap dengan timah daun, pakai timah daun seperlunya supaya dapat menenggelamkan separuh tubuh dari pelampung. Posisi pelampung semacam ini sangat mempermudah kita mengenali dikala yang pas buat menggentak joran dikala strike terjalin.

Rigging

Susunlah riging simpel dengan lapisan bagaikan berikut: Pelampung duri– timah seperlunya– mata kail.

Sebab sepat merupakan ikan permukaan( tidak sering sekali ingin makan di dasar) hingga perkenankan mata kail yang telah terisi umpan mengambang di tengah- tengah air.

Jarak yang sempurna merupakan 20 centimeter antara pelampung serta timah, sedangkan dari posisi timah pemberat ke mata kail lumayan 5 centimeter saja.

Umpan

Banyak sekali tipe umpan yang dapat digunakan buat memancing sepat, mulai dari umpan umum ataupun cacing. Racikan pelet pula dapat dipakai buat memancing sepat. Tetapi bersumber pada pengalaman umpan buat sepat yang sangat efisien merupakan kroto ataupun daging udang tawar.

Kedua umpan ini pula sangat gampang didapatkan, nyaris di tiap toko pancing ataupun toko yang menjual keperluan santapan burung, kroto senantiasa jadi menu utama penjualan.

Perihal ini diakibatkan kroto pula popular bagaikan bonus ramuan umpan ikan mas. Sedangkan apabila kamu mau memakai udang cari saja di took- toko ikan mas.

Lumayan dengan mencantolkan telur kroto yang masih berupa lonjong( belum tercipta jadi semut utuh) pada mata kail serta lemparkan pada spot yang di idamkan.

Sedangkan buat konsumsi udang, kamu wajib mengambil daging udang sekecil bisa jadi disesuaikan dengan dimensi mata kail. Lemparkan serta tunggu sepat menyambar.

Start Fishing

Sehabis seluruh perlengkapan serta umpan kita siapkan, ekspedisi memancing sepat juga kita mulai. Semacam yang telah di informasikan diawal, sesampainya di tempat jangan kurang ingat buat mengosongkan waktu buat berjalan- jalan mencari tempat sepat bergerombol.

Sehabis kamu menciptakan pusat keramaian sepat, jangan langsung melontarkan umpan. Perhatikan kondisi dekat, periksalah tempat mancing kamu dengan cermat paling utama dari keberadaan fauna semacam ular.

Semut merah ataupun serangga yang dapat jadi mengusik kegiatan mancing kamu. Tidak lucu jika dikala sepat lagi ramai- ramainya melanda kamu wajib kehabisan momen tersebut cuma sebab tubuh kamu gatal- gatal akibat serbuan semut merah ataupun serangga yang lain.

Jangan kurang ingat siapkan bekal air minum ataupun santapan kecil sehingga kegiatan mancing kamu betul- betul enjoy, bawa termos buat menyeduh segelas kopi.

Strike

Sehabis kamu lemparkan umpan ke hot spot, perhatikan pelampung dengan seksama. Apabila sepat di spot tersebut memanglah banyak umumnya tidak butuh waktu lama buat sepat menyambar umpan.

Sebab metode makan sepat tidak langsung menyambar serta menelan umpan semacam ikan- ikan lain, hingga gerakan pelampung haruslah diiringi dengan seksama.

Apabila gerakan pelampung masih turun naik semacam mesin jahit itu tandanya sepat masih mempermainkan umpan( menyedot serta langsung menyembur umpan kesekian kali).

Momen yang sangat cocok merupakan kala pelampung yang telah kita set tenggelam buat setengahnya bergerak tenggelam full. Momen ini cuma sebagian dikala saja kurang dari sekejap mata, buat itu kita wajib mempunyai gerak reflex yang kokoh. Gentaklah lama- lama saja, apabila momen itu cocok hingga seekor sepat hendak bergantung manis di joran kesayangan kamu.

Apabila kamu terlambat sepersekian detik saja kamu cuma hendak mengangkut kail dengan umpan yang telah rusak. Lekas kamu wajib mengubahnya, dim omen- momen inilah sensai mancing sepat hendak sangat terasa.

Tidak sedikit para pemancing yang baru berupaya mancing sepat hendak putus asa. Gara- gara senantiasa kandas mengkonversi strike jadi hook up, dikala seperti itu kadang- kadang sumpah serapah secara tidak siuman keluar dari mulut hahaha…. Apabila kita mancing bersama dengan sahabat pastinya momen itu dapat jadi sangat lucu serta menggelikan, keceriaan hendak mencuat disitu.

Dengan terus menaikkan jam terbang mancing sepat pastinya hendak menaikkan uraian hendak ciri memancing sepat, makanya jangan ragu buat terus berlatih.

Baca Juga Artikel Lainnya : Lokasi Yang Banyak Ikan

Author: jordan smith